SILABUS
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
KELAS VIII
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH
KURIKULUM 2013
SILABUS MATA PELAJARAN MATEMATIKA
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/ MADRASAH TSANAWIYAH KELAS
VIII
KURIKULUM 2013
Satuan
Pendidikan
|
:
|
SMP/MTS
|
Kelas /
Semester
|
:
|
VIII
|
Kompetensi
Inti*
|
|
|
Kompetensi Inti 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
Kompetensi Inti 3
|
:
|
Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
Kompetensi Inti 4
|
:
|
Mengolah, menyaji,
dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
Kompetensi Dasar**
|
Materi Pokok***
|
Pendekatan Pembelajaran****
|
Instrumen Penilaian*****
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
080201 Menunjukkan perilaku teliti dan sesuai prosedur
dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan masyarakat sebagai wujud
implementasi menggambar sketsa grafik fungsi aljabar sederhana
080301 Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan
bilangan rasional dan pecahan
080305 Menyajikan fungsi dalam berbagai bentuk relasi,
pasangan berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan diagram
080304 Menentukan gradien persamaan dari grafik garis
lurus
080302 Menentukan nilai variabel persamaan linear dua
variabel dalam konteks nyata
080401 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari
masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel
|
Operasi
aljabar: Persamaan linear dua variabel
|
MENGAMATI
§ Mengamati
gambar, foto, video atau
secara langsung peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan ekspresi aljabar dan khususnya persamaan linear dua
variabel
MENANYA
§ Guru memotivasi, mendorong kreatifitas dalam bentuk
bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami misal: bagaimana
kebiasaan manusia
membuat bahasa menyingkat dan simbolik untuk memperjelas, mempermudah suatu
komunikasi dsb
§ Membahas dan diskusi
mempertanyakan berbagai ekspresi
aljabar dan khususnya persamaan linear dua variabel,
misal: apa
kelebihan dan manfaat mengubah masalah sehari-hari ke bentuk ekspresi
matematika, bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dalam bentuk
ekspresi dan sebaliknya
§
|
TUGAS
§ resume ttg pers
linear
OBSERVASI
§ teliti
§ disiplin
PORTOFOLIO
§ operasi ekspresi
aljabar; pers linear dua variabel
TES
§ operasi aljabar
§
Penyajian fungsi
§ gradien garis
lurus
§ Problem persamaan
linear dua variabel
|
4 x 5 JP
|
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan
|
|
|
EKPLORASI
Melakukan
pekerjaan matematika sesuai aturan atau prosedur dan lengkap dalam
penyelesaian model matematika, melakukan algoritma berhitung secara umum, secara
sungguh-sungguh secara umum dalam menggambar dan menulis, serta secara khusus
dalam mengerjakan pekerjaan matematika seperti menggambar atau membuat sketsa
grafik, sbb:
§ Mendikusikan,
mendeskripsikan dan menjelaskan kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena
alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang dapat dinyatakan melalui kalimat
verbal, gambar atau diagram, dan selanjutnya dalam bentuk atau ekspresi
aljabar
§ Memberikan
berbagai contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas
sosial sehari-hari yang berkaitan dengan bentuk atau ekspresi aljabar
tertentu
§ Mendiskusikan
dan menjelaskan variabel, koefisien, konstata dan derajat dari suatu ekspresi
aljabar
§ Melakukan
operasi penjumlahan dan pengurangan, serta perkalian dan pembagian bentuk
aljabar dengan koefisien atau konstata rasional dan pecahan
§ Melakukan
manipulasi aljabar tertentu untuk menyederhanakan, membentuk ekspresi aljabar
tertentu, atau menunjukkan/membuktikan kesamaan antara ekspresi aljabar
§ Mendikusikan,
mendeskripsikan dan menjelaskan serta memberikan berbagai contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang
berkaitan dengan relasi dan
fungsi
§ Mendeskripsikan, menggambarkan dan menyajikan fungsi
ke dalam pasangan terurut, tabel, gambar, diagram, grafik atau ke bentuk
notasi fungsi
|
|
|
|
|
|
§ Mendiskusikan
dan menjelaskan ciri, sifat dan karakteristik dari suatu fungsi, serta menyatakan kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang berbentuk pasangan terurut, tabel, gambar,
diagram, atau grafik ke bentuk notasi fungsi
§ Berlatih menentukan
nilai fungsi
untuk berbagai nilai variabel dan membuat sketsa grafiknya, serta membaca grafik
fungsi untuk menaksir nilai fungsi pada nilai variable tertentu
§ Berlatih melakukan
manipulasi aljabar tertentu untuk menyederhanakan fungsi
§ Mendikusikan,
mendeskripsikan dan menjelaskan serta memberikan berbagai contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang
berkaitan dengan fungsi
linear satu variabel
§ Mendeskripsikan, menggambarkan dan menyajikan fungsi
linear satu variabel ke bentuk persamaan garis lurus dan menyajikannya ke
dalam grafik garis lurus
§ Mendiskusikan
dan menjelaskan ciri, sifat dan karakteristik dari suatu persamaan garis lurus secara aljabar dan
secara geometris, serta menjelaskan sifat-sifat berbagai persamaan garis
lurus yang grafiknya berpotongan tegal lurus dan tidak tegak lurus, serta
yang sejajar
§ Mendiskusikan
dan menjelaskan ciri, sifat dan karakteristik dari gradien atau kemiringan suatu persamaan garis lurus
§ Berlatih menentukan
gradient, titik yang
dilewati, titk potong, grafik ataupun persamaan-persamaan garisnya yang
berkaitan dengan fungsi linear satu variabel
§ Mendikusikan,
mendeskripsikan dan menjelaskan serta memberikan berbagai contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang
berkaitan dengan persamaan linear dua variabel tertentu
|
|
|
|
|
|
§ Mendiskusikan
dan menjelaskan ciri, sifat dan karakteristik variabel, koefisien, konstata
dan derajat dari suatu persamaan linear dua variabel
§ Menentukan
nilai-nilai dari variabel dan menuliskan ke dalam tabel dari persamaan linear
dua variabel
§ Menentukan
persamaan linear dua variabel berdasarkan tabel nilai-nilai variabelnya serta
melakukan manipulasi aljabar tertentu untuk menyederhanakan persamaan linear
dua variabel tertentu
§ Menjelaskan atau mendeskripsikan masalah ke dalam
bahasa sendiri, diagram, table, gambar/ilustrsi yang lebih sederhana, jelas
dan lengkap
§ Membahas, mengidentifikasi, dan menentukan konsep
serta mengorganisasi data dan memilih informasi yang relevan berkaitan dengan
masalah berkaitan dengan persamaan linear dua variabel dengan
merepresenasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram
§ Menyusun, membuat atau merumuskan model atau kalimat
matematika yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah berkaitan dengan
persamaan linear dua variabel, serta syarat keberlakuan modelnya
§ Menggunakan, memanfaatkan dan memilih algoritma atau
prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan
model dari masalah berkaitan dengan persamaan linear dua variable
§ Menentukan dan menafsirkan solusi atau penyelesaian
masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan dengan persamaan linear dua variable
§
|
|
|
|
|
|
§ Mendikusikan, menjelaskan dan menarik
kesimpulan berdasarkan tahapan
dan prosedur penyelesaian masalah berkaitan dengan persamaan linear dua variable
ASOSIASI
§ Menyelidiki, menganalisis dan membedakan menjelaskan
melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan matematika dan yang bukan
penerapan matematika, terutama berkaitan dengan bentuk
atau ekspresi aljabar
§ Menyelidiki dan menguji ketidaksamaan dua ekspresi
aljabar menggunakan contoh penyangkal
§ Menganalisis dan menyimpulkan perbedaan relasi dan
fungsi melalui contoh kejadian, peristiwa,
situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari
§ Menyelidiki, menganalisis dan menyimpulkan unsur-unsur
persamaan garis lurus dari perilaku grafiknya apabila digeser ke atas, ke
bawah, ke kiri dan ke kanan
§
|
|
|
|
|
|
KOMUNIKASI
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa
yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
|
|
|
080303 Menentukan
nilai persamaan kuadrat dengan satu variabel yang tidak diketahui
080404
Menyelesaikan permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui
menggunakan grafik, aljabar, dan aritmatika
|
Persamaan
kuadrat
|
MENGAMATI
§ Mengamati
gambar, foto, video atau
secara langsung peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
MENANYA
§ Guru memotivasi, mendorong kreatifitas dalam bentuk
bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami misal: bagaimana
persamaan kuadrat
menjadi penting untuk dibahas dan apa kaitannya dengan permasalahan
sehari-hari, dsb
§ Membahas dan diskusi
mempertanyakan berbagai ekspresi
aljabar dan khususnya persamaan linear dua variabel,
misal: apa
kelebihan dan manfaat mengubah masalah sehari-hari ke bentuk persamaan
kuadrat, bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dalam persamaan
kuadrat dan sebaliknya
|
TUGAS
§ resume ttg pers
kuadrat
PORTOFOLIO
§ operasi dg
persamaan kuadrat
TES
§ pers kuadrat
§ problem ekspresi
aljabar, persamaan kuadrat
|
4 x 5 JP
|
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan
Benda parabo
la
|
|
|
EKPLORASI
§ Mendikusikan,
mendeskripsikan dan menjelaskan serta memberikan berbagai contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang
berkaitan dengan persamaan kuadrat
§ Mendiskusikan
dan menjelaskan ciri, sifat dan karakteristik variabel, koefisien, konstata
dan derajat dari suatu persamaan kuadrat
§ Menjelaskan strategi dan menentukan
solusi atau penyelesaian
dari persamaan kuadrat dengan menggunakan tabel atau menggunakan
pendekatan grafik
§ Menentukan
bentuk suatu persamaan
kuadrat berdasarkan
kriteria koefisien dan konstata yang dimiliki serta
melakukan manipulasi aljabar tertentu untuk menyederhanakan atau mengubah bentuk suatu ekspresi ke bentuk persamaan
kuadrat
§ Menjelaskan atau mendeskripsikan masalah ke dalam
bahasa sendiri, diagram, pasangan nilai, table, atau grafik/gambar yang lebih
sederhana, jelas dan lengkap
§ Menyusun, membuat atau merumuskan model matematika
yang tepat, lengkap dan cukup dari masalah ke dalam bentuk grafik, ekspresi
aljabar, ataupun table hitungan aritmetika
|
|
|
|
|
|
§ Menggunakan, memanfaatkan dan memilih strategi yang
tepat (melalui menaksir, mempertajam grafik, manipulasi aljabar/aritmetika,
ataupun cara lainnya) yang tepat untuk menentukan solusi atau besaran yang
dicari dari masalah, serta memberikan alasan kebenaran solusinya
ASOSIASI
§ Menyelidiki, menganalisis dan membedakan menjelaskan
melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan persamaan kuadrat dan yang bukan
penerapan persamaan kuadrat
§ Menyelidiki dan menguji bentuk dari persamaan
kuadrat menggunakan contoh
§ Menganalisis dan menyimpulkan perbedaan persamaan
kuadrat dan bentuk lainnya melalui contoh
kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial
sehari-hari
§ Menyelidiki, menganalisis dan menyimpulkan
unsur-unsur persamaan kuadrat berdasarkan kurvanya
|
|
|
|
|
|
KOMUNIKASI
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa
yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
|
|
|
080312Memahami
konsep perbandingan dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
080402 Menggunakan
konsep perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan
tabel, grafik, dan persamaan
|
Perbandingan
|
MENGAMATI
§ Mengamati
gambar, foto, video atau
secara langsung peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan perbandingan
MENANYA
§ Guru memotivasi, mendorong kreatifitas dalam bentuk
bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami misal: bagaimana
perbandingan, skala,
rasio penting untuk memodelkan dan menyelesaikan masalah sehari-hari, dsb
§ Membahas dan diskusi
mempertanyakan berbagai ekspresi
aljabar dan khususnya persamaan linear dua variabel,
misal: apa
kelebihan dan manfaat mengubah masalah sehari-hari ke model, denah atau peta,
bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dalam diagram dengan peta
dan sebaliknya
§
|
TUGAS
§ resume ttg
perbandingan
TES
§ perbandingan
§ Problem persamaan
linear dua variabel
|
3 x 5 JP
|
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan
|
|
|
EKPLORASI
§ Membahas, mendeskripsikan dan menjelaskan pecahan
biasa, pembilang, penyebut dan representasinya ke dalam berbagai bentuk
gambar, serta kaitan dan penulisannya dalam bentuk perbandingan atau proporsi
§ Membahas dan mendeskripsikan strategi mengubah suatu
perbandingan ke dalam bentuk nilai perbandingan bulat paling sederhana
§ Menentukan nilai perbandingan/proporsi kuantitas
benda dengan kuantitas benda dalam suatu kumpulan benda
§ Membahas, mendeskripsikan dan menjelaskan ciri atau
karakteristik serta menentukan nilai perbandingan yang bersifat
seharga/linear atau berbalik nilai/tidak senlai dari dua besaran yang
memiliki hubungan fungsional dan disajikan dalam bentuk table, grafik dan
persamaan
§ Berlatih menentukan
nilai perbandingan,
kuantitas benda tertentu, ataupun kuantitas keseluruhan benda, termasuk
penerapannya di bidang aritmetika social, pengukuran (geometri, sains) dan
masalah lainnya berkaitan dengan perbandingan
§ Mengidentifikasi, mengorganisasi data, memilih informasi
dan konsep yang relevan, merumuskan model matematika (table, grafik atau
persamaan) dan menetapkan strategi yang tepat dalam menyelesaikan masalah
matematika atau masalah sehari-hari
|
|
|
|
|
|
ASOSIASI
§ Menyelidiki, menganalisis dan membedakan menjelaskan
melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan perbandingan
§ Menyelidiki dan menguji sifat perbandingan (linear,
tidak linear, seharga, tidak seharga menggunakan contoh atau logika berpikir
§ Menganalisis dan menyimpulkan perbedaan perbandingan
langsung dan tidak langung melalui contoh
kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial
sehari-hari
§ Menyelidiki, menganalisis dan menyimpulkan sifat
perbandingan berdasar perilaku grafiknya
KOMUNIKASI
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa
yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya
§
Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
|
|
|
080306 Memahami
unsur, keliling, dan luas dari lingkaran
080307 Memahami
hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
080406
Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan hubungan sudut pusat,
panjang busur, dan luas juring
|
Lingkaran
|
MENGAMATI
§ Mengamati
gambar, foto, video atau
secara langsung peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan konsep lingkaran
MENANYA
§ Guru memotivasi, mendorong kreatifitas dalam bentuk
bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami misal: bagaimana
konsep dan bentuk
lingkaran digunakan oleh manusia untuk membuat roda, mempermudah gerak benda
dsb
§ Membahas dan diskusi
mempertanyakan berbagai ekspresi
aljabar dan khususnya persamaan linear dua variabel,
misal: apa
kelebihan dan manfaat benda bentuk lingkaran, bagaimana terampil melukis
lingkaran dengan media yang tersedia, dsb
|
TUGAS
§ Merancang dan
melakukan percobaan menentukan nilai p
TES
§
Keliling dan luas, sudut pusat, busur dan juring
§ Problem lingkaran
|
4 x 5 JP
|
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan
Alat peraga lingka ran, jangka
|
|
|
EKPLORASI
§ Mendikusikan,
mendeskripsikan dan menjelaskan nilai estetika dan fungsi berbagai benda berbentuk lingkaran atau memiliki permukaan
lingkaran
§ Menggambar atau melukis lingkaran dengan jangka atau
dengan koin serta membahas, mendiskusikan dan menjelaskan unsur-unsur
lingkaran (titik pusat, tali busur, sector, jari-jari, diameter, busur,
tembereng)
§ Melakukan percobaan mengukur diameter dan keliling
berbagai lingkaran untuk menemukan dan menjelaskan nilai rasio atau
perbandingan keliling dengan diameter sebagai π dengan nilai kira-kira 3.14
§ Melakukan percobaan dengan memotong kertas berbentuk
lingkaran ke dalam sector-sektor yang kecil serta digabung menjadi bangun
mirip persegi panjang dengan ukuran panjang setengah kelilingnya dan lebar
sebesar jari-jari untuk menemukan rumus luas lingkaran
§ Berlatih menentukan
jari-jari, diameter,
keliling, luas ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan masalah lingkaran
§ Mendikusikan,
mendeskripsikan dan menjelaskan serta menggambar atau mengarsir daerah juring lingkaran dengan sudut
pusat tertentu
§ Melakukan percobaan mengukur berbagai sudut, panjang
busur, dan luas juring untuk menemukan dan menjelaskan bahwa besar sudut
pusat, panjang busur dan luas juring adalah senilai/seharga/sebanding/linear
§ Berlatih menentukan
besar sudut pusat,
panjang busur dan luas juring ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan
masalah lingkaran
|
|
|
|
|
|
§ Menjelaskan atau mendeskripsikan masalah ke dalam
bahasa sendiri, diagram, table, gambar/ilustrsi yang lebih sederhana, jelas
dan lengkap
§ Membahas, mengidentifikasi, dan menentukan konsep
serta mengorganisasi data dan memilih informasi yang relevan berkaitan dengan
masalah sudut pusat, busur dan juring dengan merepresentasikan secara
matematis, melalui model atau melalui diagram
§ Menyusun, membuat atau merumuskan model atau kalimat
matematika yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah sudut pusat,
busur dan juring, serta syarat keberlakuan modelnya
§ Menggunakan, memanfaatkan dan memilih algoritma atau
prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan
model dari masalah sudut pusat, busur dan juring
§ Menentukan dan menafsirkan solusi atau penyelesaian
masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan dengan sudut pusat, busur dan juring
§ Mendikusikan, menjelaskan dan menarik
kesimpulan berdasarkan tahapan
dan prosedur penyelesaian masalah sudut pusat, busur dan juring
|
|
|
|
|
|
ASOSIASI
§ Menyelidiki, menganalisis dan membedakan menjelaskan
melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan konsep lingkaran atau lainnya
§ Menganalisis dan menyimpulkan rumus keliling dan
luas lingkaran berdasarkan hasil pengamatan, percobaan
KOMUNIKASI
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa
yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
§
|
|
|
|
080308 Memahami Teorema
Pythagoras melalui alat peraga dan penyelidikan berbagai pola bilangan
080405 Menggunakan
Teorema Pythagoras untuk menyelesaikan berbagai masalah
080403 Menggunakan
pola dan generalisasi untuk menyelesaikan masalah nyata
|
Teorema
Pythagoras dan pola bilangan
|
MENGAMATI
§ Mengamati
gambar, foto, video atau
secara langsung peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan teorema Pythagoras dan pola bilangan
MENANYA
§ Guru memotivasi, mendorong kreatifitas dalam bentuk
bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami misal: bagaimana
Pythagoras menemukan
rumusnya dsb
§ Membahas dan diskusi
mempertanyakan berbagai ekspresi
aljabar dan khususnya persamaan linear dua variabel,
misal: apa
kelebihan dan manfaat penggunaan teorema Pythagoras dan pola bilangan,
bagaimana mengubah masalah/bahasa sehari-hari ke dalam teorema Pythagoras dan
pola bilangan dan sebaliknya
|
TUGAS
§ Merancang dan
melakukan pengujian dalil Pythagoras
§ Menyusun berbagai
pola bilangan
TES
§
Pola bilangan
§
Triple dan problem dalili Pythagoras
|
4 x 5 JP
|
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan
Alat peraga segitiga siku-siku, persegi
|
|
|
EKPLORASI
§ Menggambar atau melukis berbagai bentuk segitiga
siku-siku dengan penggaris, busur atau jangka serta membahas, mendiskusikan
dan menjelaskan unsur, jenis dan sifat segitga siku-siku
§ Melakukan percobaan mengukur sisi-sisi berbagai
segitiga siku-siku atau melalui peragaan untuk menemukan dan menjelaskan
teorema Pythagoras
§ Menjelaskan, mendeskripsikan strategi mempediksi pola
bilangan ke dalam diagram, table, gambar/ilustrsi yang lebih sederhana, jelas
dan lengkap, dan mendiskusikan ciri, sifat dan
karakteristik serta
menemukan strategi untuk membentuk pola bilangan yang memenuhi sifat triple
Pythagoras
§ Berlatih menentukan
sisi-sisi suatu segitiga
ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan teorema Pythagoras
§ Menjelaskan atau mendeskripsikan masalah ke dalam
bahasa sendiri, diagram, table, gambar/ilustrasi yang lebih sederhana, jelas
dan lengkap
§ Membahas, mengidentifikasi, dan menentukan konsep
serta mengorganisasi data dan memilih informasi yang relevan berkaitan dengan
masalah penerapan teorema Pythagoras dengan merepresentasikan secara
matematis, melalui model atau melalui diagram
§ Menyusun, membuat atau merumuskan model atau kalimat
matematika yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah penerapan
teorema Pythagoras, serta syarat keberlakuan modelnya
|
|
|
|
|
|
§ Menggunakan, memanfaatkan dan memilih algoritma atau
prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan
model dari masalah penerapan teorema Pythagoras
§ Menentukan dan menafsirkan solusi atau penyelesaian
masalah serta memberikan alasan kebenaran solusi berkaitan dengan penerapan teorema Pythagoras
§ Mendikusikan, menjelaskan dan menarik
kesimpulan berdasarkan tahapan
dan prosedur penyelesaian masalah
penerapan teorema Pythagoras
§ Menjelaskan atau mendeskripsikan masalah nyata ke
dalam bahasa sendiri, diagram, table, gambar/ilustrsi yang lebih sederhana,
jelas dan lengkap
§ Menjelaskan, mendeskripsikan dan mengklasifikasi
objek-objek yang termasuk ke dalam pola dari masalah nyata, serta
menyajikannya ke dalam berbagai bentuk representasi matematika
§ Membahas, mengidentifikasi, dan menentukan konsep
serta mengorganisasi data dan memilih informasi yang relevan, serta menemukan pola atau sifat dari gejala matematis dari masalah nyata untuk
membuat generalisasi
§ Menyusun, membuat atau merumuskan model atau kalimat
matematika yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah, serta syarat
keberlakuan modelnya
§ Menggunakan, memanfaatkan dan memilih algoritma atau
prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan
model dari masalah
§ Menentukan dan menafsirkan solusi atau penyelesaian
masalah serta memberikan alasan kebenaran solusinya
|
|
|
|
|
|
ASOSIASI
§ Menyelidiki, menganalisis dan membedakan menjelaskan
melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan teorema Pythagoras dan pola
bilangan
§ Menyelidiki dan menguji kebenaran, syarat
keberlakuan teorema Pythagoras dan pola bilangan menggunakan contoh atau
logika berpikir
§ Menyelidiki, menganalisis dan menyimpulkan sifat
teorema Pythagoras dan pola bilangan
KOMUNIKASI
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa
yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
§
|
|
|
|
080201 Menunjukkan
perilaku teliti dan sesuai prosedur dalam melakukan ativitas di rumah,
sekolah, dan masyarakat sebagai wujud implementasi menggambar sketsa grafik
fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Kartesius
080310Menerapkan
lokasi benda dalam koordinat Kartesius dalam menjelaskan posisi relatif
terhadap acuan tertentu
|
Sistem
koordinat
|
MENGAMATI
§ Mengamati
gambar, foto, video atau
secara langsung peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan system koordinat
MENANYA
§ Guru memotivasi, mendorong kreatifitas dalam bentuk
bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami misal: bagaimana
kebiasaan manusia
menggunakan denah, peta, gambar atau kode lainnya untuk menunjukkan letak
benda, objek, atay tempat serta teknologi baru pemposisian tempatdsb
§ Membahas dan diskusi
mempertanyakan berbagai ekspresi
aljabar dan khususnya persamaan linear dua variabel,
misal: apa
kelebihan dan manfaat mengubah masalah sehari-hari berkaitan system
koordinat, jenis system koordinat dan sebaliknya
§
|
OBSERVASI
§ teliti
§ disiplin
TES
§ denah/peta
§
objek pada system koordinat
|
4 x 5 JP
|
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan
Peta, alat peraga koor dinat
|
|
|
EKPLORASI
Melakukan
pekerjaan matematika sesuai aturan atau prosedur, jelas dan
lengkap dalam penyelesaian model matematika, melakukan algoritma berhitung, secara
sungguh-sungguh dalam menggambar dan melukis, serta secara khusus dalam
mengerjakan pekerjaan matematika seperti menggambar atau membuat sketsa
grafik fungsi aljabar berbasis koordinat, sbb:
§ membahas, menjelaskan, deskripsi konsep, sifat dan
unsur-unsur yang membentuk system koordinat Cartesius
§ membahas, menjelaskan, dan mendeskripsikan melalui
contoh kedudukan suatu titik dan bangun datar serta menggambarkannya dalam
system koordinat Cartesius
§ Membaca dan menjelaskan denah/peta posisi dan
arah dari suatu benda atau letak suatu tempat, serta unsur atau
komponen peta yang lengkap dalam system koordinat
§ menggambar berdasarkan hasil deskripsi denah/peta
posisi dan arah dari suatu benda dan letak suatu tempat pada system koordinat
|
|
|
|
|
|
ASOSIASI
§
Menyelidiki,
menganalisis dan membedakan melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan system koordinat
§ Menganalisis dan menyimpulkan letak suatu benda
bersifat relatif apabila pusat koordinat digeser, dan implementasinya dalam
penerapan garis lintang dan garis bujur bumi, dsb
KOMUNIKASI
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa
yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang dipahami,
keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
§
|
|
|
|
080202 Menunjukkan
perilaku ingin tahu dalam melakukan aktivitas di rumah, sekolah, dan
masyarakat sebagai wujud implementasi penyelidikan sifat-sifat kubus, balok,
prisma dan limas serta bagian-bagiannya melalui alat peraga
080309 Menentukan
luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas
080311Menaksir dan
menghitung volume permukaan bangun ruang yang tidak beraturan dengan
menerapkan geometri dasarnya
|
Volume
|
MENGAMATI
§ Mengamati
gambar, foto, video atau
secara langsung peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan dengan penerapan dan penggunaan volume
MENANYA
§ Guru memotivasi, mendorong kreatifitas dalam bentuk
bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami misal: bagaimana
mengukur atau menghitung
volume mulai dari percobaan fisik, konsep matematika, benda dengan ukuran
besar dsb
§ Membahas dan diskusi
mempertanyakan berbagai aspek
tentang penggunaan volume, misal: apa kelebihan dan manfaat mengukur volume dengan
percobaan fisik, metode berat atau masa jenis, teknik matematika, bagaimana
merancangnya dan sebagainya
§
|
TUGAS
§ Merancang dan
melakukan percobaan, menaksir volume benda
OBSERVASI
§ Rasa ingin tahu
TES
§ Luas dan volume
bangun ruang
§
Bangun ruang tidak beraturan
|
3 x 5 JP
|
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan
Alat peraga kubus, balok
|
|
|
EKPLORASI
Melakukan
pekerjaan secara tekun,
sabar, teliti dan sungguh-sungguh untuk menyelidiki sifat-sifat dalam konsep
matematika, kebenaran konsep yang berlaku dalam matematika
serta secara khusus dalam menyeldidiki sifat-sifat bangun ruang sederhana,
sbb:
§ Membahas, membentuk atau menyusun berbagai
jaring-jaring kubus, balok,
prisma, dan limas (yang tertutup, tanpa tutup beberapa bagian)
§ Membahas, menjelaskan strategi untuk menghitung luas
permukaan kubus, balok,
prisma, dan limas
§ Membahas, menjelaskan strategi untuk menemukan dan
menghitung volume kubus dan
balok, serta merumuskan volume prisma dan limas
§ Berlatih menentukan
luas, volume ataupun
unsur lainnya yang berkaitan dengan kubus, balok, prisma, dan limas
§ Membahas, menggambar atau membuat sketsa bangun
ruang beraturan atau bangun geometri dasar yang memiliki kesamaan atau
kemiripan ukuran dengan bangun ruang tidak beraturan
§ Membahas, menjelaskan strategi menghitung volume
bangun geometri dasar sebagai cara untuk menaksir volume bangun ruang tidak
beraturan
§ Berlatih menentukan
volume ataupun unsur
lainnya yang berkaitan dengan bangun
ruang tidak beraturan
|
|
|
|
|
|
ASOSIASI
§ Menyelidiki, menganalisis, merancang, melakukan dan
menyimpulkan hasil percobaan fisik dari contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari untuk menghitung volume berbagai ukuran, bentuk,
benda, atau lainnya
§ Menganalisis, menyimpulkan perbedaan tingkat presisi
atau ketelitian dalam menaksir volume benda tak beraturan dari bentuk
geometri dasarnya serta dengan melakukan percobaan fisik
KOMUNIKASI
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa
yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
|
|
|
080203 Menunjukkan
perilaku jujur dan bertanggung jawab sebagai wujud implementasi kejujuran
dalam melaporkan data pengamatan
080313Menemukan
peluang empirik dan teoritik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh
berdasarkan sekelompok data nyata
080408 Melakukan
percobaan untuk menemukan peluang empirik dari masalah nyata serta
membandingkannya dengan peluang teoritik
080314Memahami
teknik penataan data dari dua variabel menggunakan tabel, grafik batang,
diagram lingkaran, dan grafik garis dengan komputer serta menganalisis
hubungan antar variabel
080407
Mengumpulkan, mengolah, menginterpretasi, dan menampilkan data hasil
pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik dari dua variabel serta
mengidentifikasi hubungan antar variabel
|
Peluang
dan statistik
|
MENGAMATI
§ Mengamati
gambar, foto, video atau
secara langsung peristiwa, kejadian,
fenomena, konteks atau situasi yang berkaitan percobaan acak, penataan dan penyajian data actual
dan fenomenal sehari-hari
MENANYA
§ Guru memotivasi, mendorong kreatifitas dalam bentuk
bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami misal: bagaimana
strategi dan memanfaatkan peluang memprediksi kejaidan dalam kehidupan
sehari-hari dalam aktifitas sains dan sosial, mengambil keputusan berdasar data dsb
§ Membahas dan diskusi
mempertanyakan berbagai aspek
peluang dan statistika, misal: apa kelebihan dan manfaat mengubah masalah
sehari-hari ke dalam penyajian data, bagaimana prosedur dan startegi
memeriksa kebenaran atau masuk akalnya data dan sebaliknya
§
|
TUGAS
§ Merancang,
menyusun alat dan mengumpul kan data
OBSERVASI
§ jujur
§ tanggung jawab
PORTOFOLIO
§ pengumpulan,
penataan dan penyajian data serta pengambilan keputusan
TES
§ peluang empiric/
teoritik
§
penyajian data
§ hubungan variable
data
|
6 x 5 JP
|
Buku teks matematika Kemdikbud, lingkungan
Data faktual
|
|
|
EKPLORASI
Melaporkan hasil pengamatan, pengukuran atau pekerjaan
lainnya secara apa
adanya sesuai kapasitas disertai penjelasan, bukti, atau bentuk tindakan
lainnya bahwa pekerjaan telah dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, serta bersikap,
bertindak, menghayati dan menyadari dampak dari setiap pelaksanaan dan
metode/strategi dalam mengamati, mengukur atau melakukan pekerjaan
lainnya disertai upaya
perbaikan pekerjaan melalui proses dan hasil yang lebih baik, sbb:
§ Membahas, mendiskusikan dan menjelaskan sifat,
kriteria dan karakteristik kejadian acak atau random, independen, atau
bersyarat serta berbagai factor yang menyebabkan kejadian bersifat tidak acak
atau tidak independen
§ Menjelaskan, mendeskripsikan dan menemukan probabilitas
atau peluang empiric, menjelaskan melalui contoh untuk merumuskan konsep
peluang secara teoritik dari data luaran (output), serta membentuk diagram
pohon, tabulasi/table, dan pendaftaran untuk merumuskan dan menafsirkan sifat
peluang
§ Berlatih menentukan
peluang kejadian acak,
peluang kejadian yang dipengaruhi faktor-faktor kualitatif, pengalaman dengan situasi yang serupa atau
intuisi tertentu, ataupun
unsur lainnya berkaitan dengan peluang
§ Membahas, mendiskusikan dan menjelaskan sifat,
kriteria dan karakteristik kejadian acak atau random, serta berbagai factor
yang menyebabkan kejadian bersifat acak menjadi tidak acak.
|
|
|
|
|
|
§ Menjelaskan, mendeskripsikan dan menemukan
probabilitas atau peluang empiric, menjelaskan melalui contoh untuk merumuskan
konsep peluang secara teoritik dari data luaran (output), serta merumuskan
dan menafsirkan sifat peluang
§ Berlatih menentukan
peluang kejadian acak,
peluang kejadian yang dipengaruhi faktor-faktor kualitatif, pengalaman dengan situasi yang serupa atau intuisi
tertentu, ataupun
unsur lainnya berkaitan dengan peluang
§ Menjelaskan, mendeskripsikan dan membedakan jenis
data yang bersifat kualitatif, bersifat kualitatif dan menunjukkan tingkatan,
dan bersifat kuantitatif
§ Mendeskripsikan dan menjelaskan penataan data
sebagai cara untuk menyajikan informasi agar mudah dipahami karakteristik
datanya dalam bentuk table
(baris-kolom, kontingensi, distribusi frekuensi), grafik batang, diagram
lingkaran, dan grafik garis, secara manual dan dengan bantuan computer
§ Mendeskripsikan dan menjelaskan sifat, kelebihan,
dan alasan dalam memilih jenis penataan data
§ Mendeskripsikan dan menjelaskan secara sederhana
tingkat hubungan antar variable pada data yang bersifat korelatif,
regresi/hubungan fungsional, dan trend/deret waktu
§ Berlatih menentukan
atau menyajikan data
bentuk table (baris-kolom,
kontingensi, distribusi frekuensi), grafik batang, diagram lingkaran, grafik
garis, hubungan antar variable atau unsur lainnya secara manual dan dengan
bantuan computer berkaitan dengan penataan data
§ Menjelaskan, mendeskripsikan dan memilih serta
cakupan dan jenis data yang akan dilakukan pengamatan atau untuk diukur,
dilanjutkan dengan merancang dan menyusun alat pengumpul data yang dapat
berupa panduan wawancara, alat ukur atau pencacah, formulir isian/kuesioner,
dsb
|
|
|
|
|
|
§ Mengamati atau mengukur objek data, mengumpulkan,
dan merekam atau mencatat data, dilanjutkan dengan menata, mengolah data
serta menyajikan dalam bentuk table
(baris-kolom, kontingensi, distribusi frekuensi), grafik batang, diagram
lingkaran, dan grafik garis, secara manual atau dengan bantuan computer
§ Mendeskripsikan dan menjelaskan atau melakukan
interpretasi secara sederhana sajian data menggunakan statistic tertentu
(misal: ukuran tendensi sentral atau pemusatannya, tingkat dispersi atau
persebaran data, ataupun ukuran lainnya), estimasi/prediksi untuk masa
mendatang, serta tingkat hubungan
antar variable pada datanya
§ Membahas dan berdiskusi untuk merumuskan berbagai
alternative keputusan, saran dan mengambil atau menetapkan keputusan berdasar
hasil analisis data yang telah dilakukan, serta mendeskripsikan dampak yang
mungkin terjadi dari keputusan yang dipilih dan opsi atau pilihan
penyelesaiannya
|
|
|
|
|
|
ASOSIASI
§ Menyelidiki, menganalisis dan membedakan menjelaskan
melalui contoh kejadian,
peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari yang merupakan penerapan matematika dan yang bukan
penerapan matematika, terutama berkaitan dengan bentuk
atau ekspresi aljabar
§ Menyelidiki dan menguji ketidaksamaan dua ekspresi
aljabar menggunakan contoh penyangkal
§ Menganalisis dan menyimpulkan perbedaan relasi dan
fungsi melalui contoh kejadian, peristiwa,
situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari
§ Menyelidiki, menganalisis dan menyimpulkan unsur-unsur
persamaan garis lurus dari perilaku grafiknya apabila digeser ke atas, ke
bawah, ke kiri dan ke kanan
KOMUNIKASI
§ Menyajikan
secara tertulis atau lisan
hasil pembelajaran, apa
yang telah dipelajari,
keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau
konsep baru yang ditemukan (menurut siswa) berdasarkan apa yang dipelajari
pada tingkat kelas atau tingkat kelompok
§ Memberikan
tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi
informasi ataupun tanggapan lainnya
§ Melakukan
resume secara lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari konsep yang
dipahami, keterampilan yang diperoleh maupun sikap lainnya.
|
|
|
|
How to make money from casino games - WorkPaperMoney
BalasHapusOnline gambling is a practice that has gained popularity in the world of casino gambling. While you งานออนไลน์ can't decide between a traditional casino game and